Rabu, 10 November 2010

Menghemat Kertas

     Sering kita membuang kertas yang kita pakai hanya gara-gara salah ketik atau tulis. Kita lupa bahwa sebenarnya kertas terbuat dari pulp, yaitu bubur kertas yang merupakan campuran serat kayu dan bahan-bahan kimia.
     Pembuatan kertas sebanyak 15 rim (7500 lembar) membutuhkan sebatang pohon yang berusia sepuluh tahun (Mawardi M., 2010). Dapat kita bayangkan jika satu orang menghabiskan 1 rim kertas untuk mengetik atau menulis, maka berapa batang pohon yang ditebang untuk memenuhi kebutuhan jutaan manusia di bumi?
     Mari kita renungkan, apa yang telah kita berikan pada lingkungan yang telah berjasa untuk kita. Menyobek-nyobek kertas, lalu membuangnya ke tempat sampah, adalah keputusasaan yang menjadi kebiasaan buruk. Adalah bijaksana jika kita memanfaatkan lembar kertas kosong daripada menggunakan kertas baru. Lebih baik lagi, kita kumpulkan kertas-kertas habis pakai, lalu menjualnya kepada penadah kertas. Meskipun kertas itu dihargai tidak seberapa, kita telah menunjukkan bahwa kita peduli terhadap lingkungan.

Artikel "Menghemat Kertas" ini dimuat di kolom gagasan, Jawa Pos, Senin, 7 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...